Pemasaran global adalah pemasaran berkala seluas
dunia. Peluang pasar selalu terbuka bagi semua pelaku usaha, tak terkecuali di
pasar ekspor. Yang penting mesti kreatif dan mau berinovasi dalam mengembangkan
pasar.Pelaku bisnis yang tangguh tentu tak mudah ditenggelamkan oleh setiap
perubahan tantangan bisnis meski tantangan yang datang semakin berat. Bagi para
pebisnis sejati, kesulitan justru menjadi cambuk yang melecut semangat untuk
memecahkannya sehingga usaha dapat semakin berkembang dan maju. Karakter
semacam itu tampaknya juga melekat pada sederet pengelola perusahaan di
Indonesia yang juga terlihat dari kinerja perusahaan yang dikelola yang
hasilnya memang super.
Hal yang mendorong dan menghambat Pemasaran Global
Pemasaran global saat ini dibentuk oleh
pengaruh dinamis dari beberapa kekuatan yang mendorong dan yang menghambat.
Hal yang mendorong di antaranya adalah : - kebutuhan dan keinginan
pasar - teknologi - perbaikan transportasi - biaya - kualitas - perdamaian
global - pertumbuhan ekonomi dunia - mengenali peluang untuk mengembangkan daya
tuas secara global
Hal yang menghambat : - perbedaan pasar - kecadokan manajemen
- budaya organisasi - kendali nasional
Konsep Pemasaran Global
1.
Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan
Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan Ada perbedaan
antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan manusia adalah keadaan
dimana manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan
oleh masyarakat atau pemasar, namun sudah ada dan terukir dalam hayati kondisi
manusia. keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut.
Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi sosial. Sedangkan
Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang didukung dengan kemampuan serta
kesediaan membelinya. Keinginan menjadi permintaan bila didukung dengan daya
beli. Perbedaan ini bisa menjelaskan bahwa pemasar tidak menciptakan kebutuhan;
kebutuhan sudah ada sebelumnya Pemasar mempengaruhi keinginan dan permintaan
dengan membuat suatu produk yang cocok, menarik, terjangkau dan mudah
didapatkan oleh pelanggan yang dituju.
2.
Produk
Produk Produk adalah
sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan
pelanggan. Pentingnya suatu produk fisik bukan terletak pada kepelikannya
tetapi pada jasa yang dapat diberikannya Oleh karena itu dalam membuat produk
harus memperhatikan produk fisik dan jasa yang diberikan produk tersebut.
3.
Nilai,Biaya dan Kepuasan
Nilai, Biaya dan Kepuasan Nilai adalah perkiraan
pelanggan tentang kemampuan total suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya
Setiap produk memiliki kemampuan berbeda untuk memenuhi kebutuhan tersebut,
tetapi pelanggan akan memilih produk mana yang akan memberi kepuasan total
paling tinggi. Nilai setiap produk sebenarnya tergantung dari seberapa jauh
produk tersebut dapat mendekati produk ideal, dalam ini termasuk harga.
4.
Pertukaran,Transaksi dan Hubungan
Pertukaran, Transaksi
dan Hubungan Kebutuhan dan keinginan manusia serta nilai suatu produk bagi
manusia tidak cukup untuk menjelaskan pemasaran. Pemasaran timbul saat orang
memutuskan untuk memenuhi kebutuhan serta keinginannya dengan pertukaran.
Pertukaran adalah salah satu cara mendapatkan suatu produk yang diinginkan dari
seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya. Pertukaran merupakan
proses dan bukan kejadian sesaat. Masing-masing pihak disebut berada dalam
suatu pertukaran bila mereka berunding dan mengarah pada suatu persetujuan.
Jika persetujuan tercapai maka disebut transaksi. Transaksi merupakan
pertukaran nilai antara dua pihak. Untuk kelancaran dari transaksi, maka
hubungan yang baik dan saling percaya antara pelanggan, distributor, penyalur
dan pemasok akan membangun suatu ikan ekonomi, teknis clan sosial yang kuat
dengan mitranya. Sehingga transaksi tidak perlu dinegosiasikan setiap kali,
tetapi sudah menjadi hal yang rutin. Hal ini dapat dicapai dengan menjanjikan
serta menyerahkan mutu produk, pelayanan dan harga yang wajar secara kesinambungan.
5.
Pasar
Pasar Pasar terdiri
dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu
serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau
keinginan itu. Istilah pasar untuk menunjukan pada sejumlah pembeli dan penjual
melakukan transaksi pada suatu produk.
6.
Pemasaran dan Pemasar
Pemasaran dan Pemasar
Pemasaran adalah keinginan manusia dalam hubungannya dengan pasar, pemasaran
maksudnya bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi
dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran adalah orang yang
mencari sumber daya dari orang lain dan mau menawarkan sesuatu yang bernilai
untuk itu. Kalau satu pihak lebih aktif mencari pertukaran daripada pihak lain,
maka pihak pertama adalah pemasar dan pihak kedua adalah calon pembeli.
Tahapan
Menjadi Pemasar Internasional
1.
- Perusahaan
Domestik
- Perusahaan Internasional
- Perusahaan
Multinasional
- Perusahaan Global / Transnasional
Lima
strategi produk dan promosi internasional:
A. Produk
- Perluasan
produk langsung (straight product extension) berarti pemasaransuatu produk di
pasar luar negri tanpa perubahan apapun.
- Adaptasi produk (product
adaptation) adalah menyesuaikan produk dengankondisi atau keinginan setempat.
- Penemuan produk adalah menciptakan produk
atau jasa baru untuk pasar luar negeri.
B.
Promosi
- Perusahaan dapat menerapkan strategi promosi yang sama dengan yang
merekagunakan di pasar dalam negeri, atau mengubahnya untuk setiap pasar lokal.
- Adaptasi
komunikasi (communication adaptation) adalah menyesuaikansepenuhnya pesan iklan
terhadap pasar setempat.
- Adaptasi ganda adalah
mengadaptasi promosi dengan pasar danmenyesuaikan produk tersebut.
Harga
Perusahaan menghadapi banyak masalah mengenai penetapan harga
di pasar internasional. Misalnya menetapkan harga peralatan secara global.
Perusahaan dapat menetapkan harga seragam di seluruh dunia, tetapi harga itu
akan terlalu mahal dinegara-negara miskin dan kurang tinggi di negara kaya.
Terlepas dari cara perusahaan menetapkan harga produknya, harga diluar negeri
mungkin lebih tinggi daripadaharga dipasar domestik. Dan masalah lain termasuk
menetapkan harga untuk barangyang dikirimkan perusahaan ke anak perusahaan di
luar negeri.
Saluran
Distribusi
Perusahaan internasional harus mempunyai pandangan
saluran-menyeluruh (whole-channel view) mengenai masalah pendistribusian produk
kepada konsumen akhir. Artinya perusahaan merancang saluran international yang
memperhitungkan semua jalur dalam mendistribusikan produk penjual kepada
pembeli akhir, termasuk organisasi kantor pusat penjual kepada pembeli akhir,
termasuk organisasi kantor pusat penjual, saluran antarnegara, dan saluran
di dalam negara.
SUMBER
: http://banyakcaramenujuroma.blogspot.co.id/2014/11/tugas-pemasaran-global.html